Kelebihan Kuliah di Jerman

Mengapa Jerman yang dipilih untuk melanjutkan studi?  Tentunya masing-masing punya alasan yang berbeda.  Banyak yang berpendapat Jerman merupakan tempat studi teknik terbaik di dunia. Apalagi mantan presiden Indonesia BJ Habibie menyelesaikan studinya dari tingkat sarjana hingga doktoral di Rheinisch Westfalische Technische Hochschule, Aachen, Jerman. Faktor lain yang turut mendukung banyaknya mahasiswa Indonesia memilih untuk kuliah di Jerman karena kuliah di erman tidak memungut biaya alias gratis.

Alasan-alasan itulah yang semakin menguatkan motif mahasiswa Indonesia berbondong-bondong datang ke Jerman. Sayangnya informasi yang diperoleh sebagai bekal mereka menuntut ilmu ke negeri orang belum tentu tepat dan jelas.

Tidak sedikit calon mahasiswa yang merasa dalam tanda kutip ‘tertipu’. Bahwa kenyataan hidup di Jerman tidak semudah yang diceritakan. Perbedaan budaya dalam pergaulan turut menjadi faktor yang membuat nyali mereka ciut. Kepribadian sebagian orang Indonesia yang malu-malu bisa menjadi halangan dalam bergaul dengan teman-teman internasional.

1. Biaya Kuliah di Jerman Gratis, Gratis merupakan kata-kata yang sangat ingin didengar oleh para mahasiswa. apalagi di saat ekonomi Indonesia yang kian memburuk menyusul naiknya berbagai kebutuhan pokok mulai dari minyak tanah, minyak goreng, beras dan sekarang kedelai yang menyebabkan berbagai inflasi hampir di tiap daerah. Biaya kuliah yang tinggi membuat sebagian orang memutuskan untuk langsung bekerja saja setelah menamatkan sekolah. Di jerman kita sekolah tanpa biaya dan cukup hanya duduk dan belajar di sana, tidak usah repot berapa besar biaya yang akan kamu keluarkan. akan tetapi, Sayangnya sistem intidak berlansung lama. Karena itu Jerman akhirnya memberlakukan penarikan uang kuliah. Peraturan ini sudah diberlakukan sejak tahun 2006. Yang penting untuk diketahui, besarnya uang kuliah berkisar 500 samapai 600 euro per semester. Kira-kira sebesar uang kuliah di universitas ternama di Indonesia untuk program master. Misalnya di fakultas teknik di Universitas Indonesia dan biaya itu masih jauh di bawah jumlah uang kuliah di Inggris, Amerika Serikat atau Australia.Hampir semua negara bagian di Jerman sudah mulai memberlakukan kebijakan uang kuliah. Seperti misalnya negara bagian Hamburg yang sudah memberlakukan uang kuliah sebesar 500 Euro per semester sejak tahun kuliah 2004 untuk mahasiswa yang tidak terdaftar tinggal di Hamburg alias tinggal di kota lain di luar Hamburg tapi kuliah di negara bagian yang berbentuk kota itu. Pada akhirnya, seluruh wilayah Jerman memberlakukan sistem pembayaran kuliah ini. Sebagian negara bagian memberlakukan uang kuliah minimal 500 Euro per semester pada semua mahasiswa mulai tahun ajaran 2006/2007 dan sebagian lagi pada tahun ajaran 2007/2008.

2. Jerman merupakan salah satu negara maju di bidang teknologi Negeri Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa apalagi di bidang teknologi dan design. Mobil-mobil baru yang terdapat di Jerman sekarang merupakan hasil olahan mobil-mobil yang lama yang di Jerman sendiri sebuah mobil memiliki masa hidup, setelah habis masa hidupnya mobil-mobil harus masuk ke tempat penghancuran mobil kemudian di olah untuk menjadi mobil baru kembali. Sangat hebat untuk sebuah negara untuk mendaur ulang yang telah ada. Beda halnya di Indonesia.

3. Ketika kita berada di jerman kita dapat berpetualang ke negara lain Karena Jerman merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa, sehingga sangat menguntungkan bagi kita untuk berjaln-jalan ke luar negeri seperti ke Belanda, atau negeri yang terkenal dengan menara Eiffelnya yaitu Paris atau ke Swiss. Kita cukup ke negara-negara tersebut dengan menunjukkan visa Jerman kita.,menghemat biaya tentunya.

4. Adanya asuransi kesehatan Tentunya jika kita menuntut ilmu di negara orang lain kita dituntut agar untuk sehat jasmani sehingga tidak mengganggu aktivitas kuliah kita ataupun keseharian kita. Karena hal inilah kita membutuhkan asuransi kesehatan. Di Jerman juga terdapat asuransi kesehatan sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli obat atau berobat. Kecuali Asuransi mengganti gigi.

 

 

 

 

About these ads

3 responses to “Kelebihan Kuliah di Jerman

  1. Mantap tuh, ok akan aku terusin kepada generasiku, maksutnya untuk anak aku, biar semangat untuk kuliah di Jerman, kalo babenya dah tua, dah gak jaman ikut kuliah lagi, waktunya yang ngak ada. Salam bro untuk mahasiswa kita yang ada di Jerman

    • sprachedeucth

      beres pak, semangat untuk mencari ilmu tidak akan pernah padam!! semoga anak anda dapat semangat dan senang kuliah di Jerman!! Hidup Jerman..

  2. kalau ada info tentang beasiswa ke jerman 2013…..???? mohon konfirmasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s