Belajar sambil Bekerja di Jerman

Pertukaran Kultur dan Budaya  Indonesia – Jerman

Program Au-Pair adalah sebuah Program Pertukaran Kultur dan Budaya untuk  para kawula muda Indonesia – Jerman dengan terlibat aktif sebagai anggota keluarga dari salah satu keluarga di Jerman. Seorang peserta Au-Pair akan menjadi anggota keluarga tersebut untuk jangka waktu satu tahun dan berhubungan secara interpersonal dalam keluarga yang bersifat saling memberi dan menerima serta saling membantu. Au-Pair Bukan Pembantu Rumah Tangga! Program ini ditujukan untuk anak muda yang ingin belajar mandiri, disiplin serta mencari pengalaman baru di Jerman sebagai persiapan untuk memasuki dunia kerja.

Kalau akhirnya, Anda memutuskan untuk menjadi Au-Pair, maka itu adalah sebuah keputusan yang berani dan menandakan kebesaran hati Anda. Hal ini karena, menjadi Au-Pair berarti menciptakan pengalaman baru, memberanikan untuk melangkah maju, tetapi juga berarti kesiapan dan kebesaran hati untuk berada jauh dari seseorang atau keluarga yang disayangi untuk waktu yang lama. Tidak semua orang mampu dan ingin melakukan hal ini dan tidak perlu malu untuk mengakuinya. Temukan sendiri dalam dirimu jika Anda siap dan terbuka untuk sejumlah pengalaman baru dan jika Anda mampu berada jauh dari rumah Anda untuk jenjang waktu tertentu. Kebebasanmu dan kenginanmu untuk melatih diri hidup secara mandiri sangat dibutuhkan.

Mengapa saya harus ke Jerman?

Jerman adalah negara pengekspor sejumlah produk paling penting di dunia. Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa yang paling banyak dipakai oleh komunitas Eropa, 18% dari jumlah buku-buku yang beredar di dunia di cetak di Jerman. Sejumlah perusahaan berskala internasional telah membuka kantornya di Jerman. Belajar dan berbicara bahasa Jerman tidaklah lebih rumit dari belajar dan berbicara bahasa asing lainnya. Bahasa Jerman adalah bahasa kedua yang paling penting dalam ilmu pengetahuan. Bahasa Jerman adalah bahasa yang dipakai oleh oleh Goethe, Nietzsche dan Kafka, dan sebagai tambahannya, Beethoven, Mozart, Bach, Freud dan Einstein juga menggunakan bahasa Jerman. Berbicara dan memahami bahasa Jerman akan memudahkan kita dalam memahami kebudayaan lokal dan memperluas kesempatan kita untuk bekerja. Mempelajari bahasa Jerman akan membuka wawasan intelektual, pemahaman ekonomi dan kultur negara-negara Eropa. Bahasa Jerman juga sangatpenting dalam bidang kepariwisataan  di negara lain.

Syarat-syarat menjadi Au-Pair di Jerman

Jika anda ingin ke Jerman sebagai Au-Pair untuk jangka waktu satu tahun, maka Anda harus :

–    Mempunyai kemampuan dasar dalam komunikasi bahasa Jerman

–    Memiliki minimal Sertifikat Start Deutsch 1 atau A1.

–    Berumur antara 18 sampai 24 tahun, berbadan sehat dan tidak kaku (supel).

–    Menyukai anak-anak dan mampu bersosialisasi dengan mereka.

–   Terbuka untuk belajar tentang Jerman dan mengenal kehidupan masyarakat Jerman.

–    Tidak boleh segan membantu dalam rumah tangga.

–    Memiliki SIM A untuk pelamar lelaki.

–    Percaya diri dan tidak malu

Harap diperhatikan bahwa Anda akan tinggal selama satu tahun di Jerman, negara yang kebiasaan masyarakatnya mungkin belum Anda kenal dan bahasanya mungkin tidak anda pahami, khususnya saat Anda pertama kali tiba di sana. Namun demikian, Anda harus mampu melatih diri sendiri atau cobalah untuk meminta bantuan pada orang sekitarmu. Meskipun Anda terbiasa memperoleh bantuan dari orang tuamu atau saudaramu, sekarang Anda harus bisa mengandalkan diri sendiri, hidup secara mandiri. Tentu saja, keluarga tempat Anda tinggal di Jerman akan mendukungmu, tapi untuk beberapa hal – seperti bagaimana memanfaatkan waktu luangmu , Anda harus berani mengambil inisiatif sendiri.

Mungkin untuk pendaftaran dan biaya yang lain saya rekomendasikan untuk membuka website ini http://www.fitzeman.com/ semoga info ini dapat bermanfaat bagi anda.

4 responses to “Belajar sambil Bekerja di Jerman

  1. Dodik Setiawan

    ehm… mas saya kebetulan tidak bs bahasa jerman… kemampuan saya malah di bahasa inggris… ada kesempatan tidak ya???

    • sprachedeucth

      Program ini mengidentifikasikan tentang bagaimana seorang belajar bahasa jerman, kemampuan bahasa inggris di perlukan saat awal2 tinggal di Jerman, seiring berjalannya waktu, maka kita akan mengerti dengan sendirinya, sedangkan syarat untuk mendapatkan visa jerman sendiri cukup mengantongi ijazah A1 yang di dapat di Goethe Institute. Cukup mudah bukan!!

  2. gw pngen bgt ksna.
    tp gw ga bs bhs jerman, ga pny duit, ga pe de,
    ga pny sim A, ga pny muka. dll deh
    hhe

  3. Goethe Institute itu di mna ya?
    Saya tertarik kerja di jerman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s